TUGAS MANDIRI
Mata Kuliah : Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
Dosen : DR. M. Nasir, M.Kom
Nama :
ALFARIADI
NIM : 1410245373
Kelas :
1B
Prodi :
Manajemen Pendidikan
I.
ANSWER
THE QUESTION
Jawab
:
Definisi
umum dari basis data adalah bahwa basis data merupakan kumpulan dari seluruh
data berbaisi komputer sebuah perusahaan. Sedangkan definisi terbatas dari
basis data adalah kumpulan data yang berada dibawah kendali piranti lunak
sistem manajemen basis data.
2. Asumsikan anda
mengetahui adanya nilai gaji sebesar $45,000. apakah $45,000 itu (a) Nilai field data, (b) Nama field data,
(c) Record?
Jawab
:
Dikategorikan
sebagai record
3. Anda membuka
satu file (misalnya satu file spreadsheet) dan melihat judul-judul kolom “ID
Mahasiswa,” “Nama Mahasiswa,” “Semester,” “Mata Kuliah 1,” “Nilai 1,” “Mata
Kuliah 2,” “Nilai 2,” “Mata Kuliah 3,” “Nilai 3.” Mengapa ini bukan merupakan
satu flat file?
Jawab
:
Spreadsheet
ini tidak dapat dikatakan sebagai flat file dikarenakan memiliki kolom-kolom
yang berulang.
4.
Apa yang
dimaksud dengan kunci (key)?
Jawab
:
Suatu
konsep yang menggambarkan dan menunjukkan nilai-nilai dalam tabel.
5.
Apa yang
dimaksud dengan kunci kandidat (candidate key)?
Jawab
:
Adalah
sebuah field yang secara unik mengidentifikasi masing-masing baris tabel namun
tidak dipilih untuk menjadi kunci.
6.
Bagaimana
hubungan antar tabel untuk basis data relasional dibuat?
Jawab
:
Ketika
terdapat satu field (kolom) data yang sama dalam dua tabel, maka record (baris)
dari kedua baris tabel tersebut akan dapat digabungkan ketika nilai-nilai field
datanya sama.
7. Mengapa
struktur basis data relasional jauh lebih berhasil daripada struktur hierarkis
atau jaringan?
Jawab
:
Karena
struktur hierarkis dan jaringan mengandalkan diri pada relasi fisik (physical
relationship) didalam bentuk alamat-alamat penyimpanan. Sedangkan struktur
basis data relasional adalah implisit (implicit relationship) dapat
secaralangusng berasal dari data.
8.
Apa yang
dimaksud dengan independensi data?
Jawab
:
Adalah
kemampuan untuk melakukan perubahan pada struktur data tanpa melakukan perbahan
pada program-program aplilkasi yang memproses data.
9.
Bagaimana
pengulangan data (data redundancy) menyebabkan ketidakkonsistenan data?
Jawab
:
Karena
field-field yang berulang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar,
pemrosesan record yang lebih lambat.
10. Apa
perbedaan antara pendekatan berorientasi proses (process-oriented approach)
untuk menentukan kebutuhan data dan pendekatan pemodelan perusahaan (enterprise
modeling approach)?
Jawab
:
Kekuatan
pendekatan pemodelan perusahaan adalah bahwa ia mengambil keuntungan dari sudut
pandang sumber daya data perusahaan yang luas. Sedangka pendekatan berorientasi
proses memungkinkan kebutuhan data dari masing-masing sistem dapat
didefinisikan dengan satu cara yang logis, kelemahannya adalah kesulitan dalam
mengaitkan data dari satu masalah bisnis ke data dari masalah bisnis lainnya.
11. Kapan
seharusnya perusahaan menggunakan pendekatan berorientasi proses untuk
menentukan kebutuhan data dibandingkan dengan pendekatan pemodelan perusahaan?
Jawab
:
Ketika
perusahaan akan menentukan kebutuhan datanya.
12. Apa
yang disajikan pada diagram kelas yang tidak disajikan pada diagram relasi
entitas?
Jawab
:
Dalam
diagram kelas, adalah suatu kebiasaan, meskipun bukanlah suatu keharusan,
memberikan awalan huruf “cls” di depan nama kelas.
13. Bagaimana
pengguna cenderung memperoleh informasi dari basis data? Apakah mereka
menggunakan query-by-example (QBE) atau structured query language (SQL)?
Jawab
:
Menggunakan
query-by-example (QBE)
14. Didalam
perusahaan, siapakah yang paling bertanggung jawab atas keamanan basis data?
Jawab
:
Administrator
Basis Data (database administrator – DBA)
15. Biaya
peranti lunak dan peranti keras manajemen basis data sering kali disebutkan
sebagai kerugian. Mengapa biaya tersebut menjadi kurang signifikan?
Jawab
:
Karena
harganya yang mahal dan dan dapat menjadi pengeluaran yang sangat besar bagi
sebuah organisasi kecil.
II.
DETAMINE
DATA NEEDS
1.
Define Problem
Permasalahan
yang dihadapi berupa pengolahan Nilai harian dan nilai ujian semester (sumatif)
2.
Identify
Necessary Decision
Keputusan
yang diperlukan berupa ketentuan
siswa naik kelas/melanjutkan ke jenjang berikutnya
3.
Describe
Information Needs
Informasi
yang diperlukan berupa Data siswa,
nilai harian, nilai ujian
4.
Specify Data
Needs
Kecocokan data siswa dengan nilai yang diperoleh siswa
5.
Detamine Data
Needs
Data
terakhir yang dibutuhkan berupa cetak rapor (ranking)
thank you ,,,
BalasHapus